Social Icons

Tuesday 28 May 2013

Terciptanya Boiler Alam Dalam Perut Bumi

Pada dasarnya bumi kita ini terdiri dari beberapa bagian, bagian terluar adalah lapisan kulit. Tebalnya berkisar 30 hingga 40 km di daratan atau dilautan berkisar 7 hingga 10 km. Bagian berikutnya dinamakan mantel, yang terdiri atas batuan yang dalamnya mencapai 3000 km, dan yang berbatasan dengan inti bumi yang panas sekali. Inti bumi terdiri dari inti cair atau inti meleleh yang mencapai 2000 km. Kemudian paling tengan berupa inti keras yang mempunyai garis tengah sekitar 2600 km.

Panas inti bumi mencapai 5000 derajat celcius lebih. Diperkirakan ada dua sebab mengapa inti bumi begitu panas. Pertama disebabkan oleh tekanan yang begitu besar karena gravitasi bumi mencoba mengompres atau menekan materi, sehingga bagian tengan menjadi paling terdesak.

Sebab kedua bahwa bumi mengandung banyak bahan radio aktif seperti uranium-238, uranium0235 dan thorium-232. Bahan radioaktif tersebut membangkitkan jumlah panas yang tinggi. Panas tersebut dengan sendirinya berusaha mengalir keluar, akan tetapi tertahan oleh mantel bumi yang mengelilinginya. Menurut perkiraan rata-rata panas mencapai permukaan bumi adalah 400kCal/m2 setahun.

Pada permukaan bumi sering terdapat sumber-sumber air panas atau bahkan sumber uap panas. Panas tersebut berasal dari batu-batu yang meleleh atau magma yang menerima panas dari inti bumi.



Magma yang terletak didalam lapisan mantel akan memanasi suatu lapisan batu padat. Diatas batu padat terletak suatu lapisan batu berpori yaitu batu yang mempunyai banyak lubang kecil. Bila lapisan batu berpori ini berisi air yang berasal dari air tanah atau resapan air hujan atau resapan air danau maka itu turut dipanaskan oleh lapisan batu padat tersebut. Olehkarena itu dengan temperatur yang sangat tinggi terciptalah air panas atau bahkan uap dalam lapisan batu berpori. ada yang menarik lagi karena diatas batu berpori terdapat satu lapisan batu padat, maka lapisan batu berpori berfungsi sebagai boiler (seperti yang ada pada PLTU) tapi ini boiler alam. Uap dan air panas bertekanan akan berusaha keluar ke atas permukaan bumi.

Gejala panas bumi pada umumnya tampak dipermukaan bumi berupa mata air panas, fumalora, geyser dan sulfatora. Dengan melakukan pengeboran, uap bumi yang bersuhu sangat tinggi dan tekanan tinggi dapat diambil dari dalam bumi dan dialirkan untuk memutarkan turbin generator listrik.

No comments:

Post a Comment

Richard Alexander