Social Icons

Tuesday 28 May 2013

Geothermal Energy (PLTP Gunung Salak)

Panas bumi makin kesini semakin marak diperbincangkan oleh orang banyak karena merupakkan energy terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk kelistrikan indonesia, Berita yang dituliskan whatindonesia.com menyatakan bahwa potensi panas bumi di indonesia mencapai 29.000 mega watt atau sama dengan 40% potensi panas bumi di dunia. Dengan potensi tersebut indonesia berpeluang mendirikan PLTP (Pusat Listrik Panas Bumi) yang cukup banyak untuk mendukung kelistrikan negeri ini.

 Cooling Tower PLTP Gunung Salak

Salah satu PLTP yang dimiliki oleh indonesia telah berdiri sejak tahun 1993 yaitu PLTP Gunung Salak yang terletak di barisan kaki gunung salak dengan ketinggian 900 dpl. PLTP gunung salak menghasilkan listrik sebesar 180 mega watt terdiri dari unit 1, 2 dan 3. sudah hal biasa kalau PLTP didirikan di dataran tinggi dan juga PLTP identik atau bersahabat sekali dengan lokasi gunung berapi karena disitulah terdapat uap panas bumi.

PLTP gunung salak memanfaatkan uap panas bumi dengan tipe water dominated (80% presentase terdiri dari air panas) yang disalurkan untuk memutarkan turbin uap kapasitas 60 MW. Mau tau gimana si proses terjadinya listrik di PLTP ? yuk kita bahas bersama.

Sistim panas bumi di Indonesia umumnya merupakan sistim hidrothermal yang mempunyai temperatur tinggi (>225oC), hanya beberapa diantaranya yang mempunyai temperatur sedang (150‐225oC). Pada dasarnya sistim panas bumi jenis hidrothermal terbentuk sebagai hasil perpindahan panas dari suatu sumber panas ke sekelilingnya yang terjadi secara konduksi dan secara konveksi. Perpindahan panas secara konduksi terjadi melalui batuan, sedangkan perpindahan panas secara konveksi terjadi karena adanya kontak antara air dengan suatu sumber panas. Perpindahan panas secara konveksi pada dasarnya terjadi karena gaya apung (bouyancy). Air karena gaya gravitasi selalu mempunyai kecenderungan untuk bergerak kebawah, akan tetapi apabila air tersebut kontak dengan suatu sumber panas maka akan terjadi perpindahan panas sehingga temperatur air menjadi lebih tinggi dan air menjadi lebih ringan. Keadaan ini menyebabkan air yang lebih panas bergerak ke atas dan air yang lebih dingin bergerak turun ke bawah, sehingga terjadi sirkulasi air atau arus konveksi.

Melalui eksplorasi pengeboran dengan kedalaman mencapai ribuan meter sehingga sumur yang mempunyai potensi uap akan mengeluarkan uap berupa fase air panas. Uap dengan presentase air sekitar 80% tidak dapat langsung dialirkan untuk memutar turbin uap karena turbin memiliki spesifikasi khusus untuk menerima uap. Uap panas bumi sebelum memutarkan turbin terlebihdahulu di treathment dengan menggunakan peralatan yang bernama separator uap, pada peralatan tersebut uap panas bumi dipisahkan dengan kotoran-kotoran dan partikel berat seperti air. Loh kok bisa si terpisahkan didalam separator? prinsipnya yaitu menggunakan prinsip sentripugal, dimana uap diarahkan ke dinding separator sehingga partikel yang berat jenis nya lebih berat akan berada di bagian bawah separator dan uap kering yang berat jenisnya lebih rendah akan berada pada bagian atas dari separator, yang kemudian dialirkan menuju unit PLTP.

Sebelum uap masuk ke dalam turbin, uap melewati saringan terakhir yang berfungsi untuk menyaring kembali air dan kotoran yang masih terbawa, sehingga uap benar-benar kering yang digunakan untuk memutarkan turbin. Turbin berputar dengan mengkopel generator listrik yang ikut berputar, akibat gaya putar tersebut didalam generator terjadinya GGL (gaya gerak listrik) sesuai dengan hukum faraday. Listrik keluaran generator di PLTP gunung salak sebesar 11,8 Kilo volt dan kemudian di naikan menjadi 150 KV di trafo utama untuk disalurkan ke masyarakat pengguna listrik. 

Kok perlu dinaikan sih ke 150 KV? kenapa tidak 11,8KV saja yang langsung disalurkan ke jaringan listrik PLN. 

 Tunggu pembahasan selanjutnya yah =D



1 comment:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    ReplyDelete

Richard Alexander